SMA Boarding School di Malang
SMA
Boarding School di Malang
Apa itu boarding school? Jika belum, yuk
baca artikel berikut ini sampai tuntas. Saat ini banyak orang tua yang tidak
hanya mementingkan pendidikan akademik anaknya saja tetapi juga akhlak.
Pendidikan dan akhlak mulia keduanya
sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Realita inilah yang kemudian membuat
sekolah berasrama atau boarding school menjadi begitu
diminati.
Banyak orang tua yang mendaftarkan
anaknya ke sini. Bagi kamu yang masih penasaran tentang sekolah boarding
school, mari simak penjelasan berikut ini.
![]() |
SMA Boarding School di Malang |
Boarding School
Oxford Dictionary terdapat penjelasan
tentang hal tersebut. Boarding school is school where pupils live
during the term.
Ketika diterjemahkan ke dalam bahasa
Indonesia, bisa dikatakan sebagai sekolah berasrama sekaligus lembaga
pendidikan, yang siswanya belajar dan tinggal bersama selama kegiatan pembelajaran
berlangsung. Arti ini dapat diperluas menjadi siswa di suatu lembaga pendidikan
yang tidak hanya belajar, melainkan bertempat tinggal di lembaga tersebut.
Boarding school merupakan sistem pendidikan yang menyediakan tempat tinggal berupa asrama
bagi para siswa. Jadi di sini kamu akan tinggal, menimba ilmu dan melakukan
berbagai macam kegiatan di lembaga/tempat tersebut.
Sistem yang digunakan oleh sekolah ini
memungkinkan terjadinya interaksi dan komunikasi yang lebih intensif antara
kamu dan guru. Hal inilah yang akan membuat kemampuan kamu lebih berkembang,
seperti kemampuan kognitif dan psikomotorik.
SMA
Boarding School di Malang
Tujuan dari Boarding School
1 – Pendidikan
Bermutu
Kamu
akan memperoleh pendidikan yang bermutu dan mengintegrasikan kecerdasan
intelektual, emosional, spiritual dan kecakapan hidup. Selain itu kamu akan
memperoleh sistem pendidikan yang lebih efektif, kondusif, dan berdaya saing
dengan sekolah-sekolah lainnya. Dijamin kamu akan menjadi generasi unggul.
2 – Fasilitas Terbaik
Sekolah
dengan sistem boarding school tentunya
memiliki fasilitas yang lebih baik. Fasilitas ini dapat dijadikan sebagai alat
penunjang kamu untuk berprestasi. Jam belajar juga akan lebih banyak, sehingga
kamu memiliki waktu yang cukup untuk belajar dan mendalami berbagai mata
pelajaran yang ada.
3 – Bimbingan Intensif
Di
sini kamu juga akan memperoleh bimbingan dan bantuan belajar yang lebih
intensif dari guru pendamping saat mengalami kesulitan belajar. Guru pendamping
juga akan meminimalisir dan membentengi kamu dari pengaruh negatif yang ada di
luar.
4 – Melatih Kecakapan
Sosial
Melakukan
berbagai kegiatan sehari-hari secara bersama-sama akan membuat kerukunan dan
kekeluargaan menjadi lebih kuat. Hal ini akan membuat kamu memiliki kecakapan
sosial yang lebih baik daripada siswa di sekolah biasa. Dan kamu bisa
membayangkan begitu serunya ketika melakukan berbagai kegiatan bersama
teman-teman.
SMA
Boarding School di Malang
1. SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Malang
SMA Islam Sabilillah
Malang Boarding School hadir di tengah derasnya arus globalisasi dan perubahan
zaman sebagai sekolah islam berbasis karakter dan pesantren. Memberikan layanan
pendidikan Islam melalui program pendidikan karakter sebagai pondasi utama untuk
menghasilkan peserta didik yang berkomitmen keislaman, kebangsaan, dan
kecendikiaan.
Boarding
School hadir melalui Ma’had Sabilillah Malang yang terintegrasi untuk mewadahi
penguatan kematangan spiritual sebagai penyeimbang wawasan ilmu pengetahuan dan
softkill untuk menjadi bekal dalam mencetak pemimpin islam masa depan.
SMA Islam Sabilillah
Malang Boarding School dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat
memadahi untuk mendukung kegiatan-kegiatan pembelajaran siswa, pengasuhan atau
pembinaan santri:
1.
Gedung belajar terdiri dari 2 gedung,
yakni gedung belajar putra dan gedung belajar putri yang terdiri 3 lantai
2.
Ruang belajar yang dilengkapi Wifi dan
LCD
3.
Perpustakaan/E-Library yang
representatif
4.
Laboratorium Al Qur’an
5.
Laboratorium Kimia
6.
Laboratorium Biologi
7.
Laboratorium Fisika
8.
Laboratorium Komputer
9.
Ruang Musik
10.
Ruang Ekstrakurikuler
11.
Ruang Olimpiade
12.
Ruang Majelis Orang Tua Siswa
13.
Pusat Sumber Belajar (Learning
Resources)
14.
Gazebo Pembelajaran merupakan ruang
outdoor yang nyaman untuk berdiskusi dan belajar
15.
Gedung ma’had terdiri atas 2 gedung,
yakni gedung ma’had putra (lil banin) dan gedung ma’had putri (lil banat) yang
setiap gedung terdiri atas 4 lantai.
16.
Setiap lantai terdapat 10 kamar @ ukuran
5m x 6m dengan kapasitas 6 santri setiap kamar
17.
Setiap kamar terdapat 6 tempat tidur,
almari pakaian, dan meja belajar
18.
Setiap kamar dilengkapi dengan 2 kamar
mandi yang bersih dan 1 wastafel.
19.
Lapangan olah raga didukung sarana yang
memadai
20.
Masjid yang representatif sebagai tempat
bermunajat kepada Allah SWT
21.
Ruang penyimpanan laptop dan ponsel
santri
22.
Fasilitas laundry melalui layanan SISMA
Clean
23.
Fasilitas layanan kebutuhan harian
melalui SISMA mart putra dan putri
24.
SISMA Indoor Swimming Pool yang terdiri
dari 2 ruang dengan kolam renang untuk anak dan dewasa
25.
Dapur yang siap melayani kebutuhan makan
santri 3 x setiap hari
26.
Ruang Makan Putra dan Putri
27.
Hall dan Ruang Tamu yang nyaman
28.
Ruang wali asuh/musyrif yang menyatu di
dalam gedung ma’had
29.
Rumah Dinas Pengasuh Ma’had Putra dan
Putri
30.
UKS dan obat-obatan P3K
31.
Pengamanan oleh satpam yang siaga selama
24 jam
Alamat
Jl. Terusan Piranha
Atas No. 135 Malang, Telp/Fax. 0341 – 400995, email : admin@sekolahsabilillah.sch.id
2.
SMA Ar Rohmah Islamic Boarding School
Malang
Menggunakan Kurikulum Integral Berbasis Tauhid khas
Hidayatullah, tentunya diintegrasikan pula dengan Kurikulum Nasional yang
diakreditasi pemerintah (Kemendikbud).
Sistem pendidikan boarding school yang berpusat pada masjid,
sekolah, dan asrama, serta didampingi dan dibimbing asatidzah yang bermukim di
kompleks yang sama.
Ananda merasa seperti di rumah, dibimbing oleh
kakak dan orang tuanya.
Memberikan pembekalan yang seimbang antara Al-Qur’an,
dasar-dasar ilmu diniyah dan akademik umum, serta bahasa (Indonesia, Arab,
Inggris).
Sebagai bakti mendidik dan menyiapkan bekal dunia
dan akhirat.
Kelas, asrama, dan banyak fasilitas penunjang lainnya yang
bersih serta didesain khusus untuk kenyamanan proses pendidikan.
Mengintegrasikan
penanaman adab, pembentukan tradisi ibadah dan budaya belajar, kemandirian
pribadi dan kematangan sosial, serta leadership.
Sehingga menjadi anak yang terlatih dan mempunyai
bekal yang lengkap dan kuat dalam menjalani kehidupan. Ar-Rohmah Islamic
Boarding School merupakan institusi pendidikan yang dikelola oleh Yayasan
Pendidikan Islam Ar-Rohmah Putri. Tak hanya mendidik siswa-siswi di jenjang
SMA, Ar-Rohmah Islamic Boarding School Jawa Timur juga mendidik siswa di
jenjang SMP.
Dengan menerapkan pendidikan berbasis
pesantren, lembaga pendidikan ini memadukan aspek intelektual, life skill, dan aspek mental-spiritual. Total terdapat 3
kampus yang terdiri dari Ar-Rohmah Putri IBS, Ar-Rohmah Putri IIBS, dan
Ar-Rohmah Tahfizh.
Ar-Rohmah merupakan bagian dari Jaringan Sekolah Integral
Hidayatullah dengan lebih dari 300 cabang se-Indonesia. Dengan
lengkapnya fasilitas dan pelayanan yang diberikan, biaya di pondok pesantren
unggulan ini lebih terjangkau.
KURIKULUM NASIONAL
Struktur, buku ajar, tata kelola
(manajemen), dan sistem penilaian merujuk kepada standar yang telah ditetapkan
dan diakreditasi oleh BAN S/M (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah).
KURIKULUM DINIYAH KHAS HIDAYATULLAH
Santri dididik memahami ilmu-ilmu
fardhu ‘ain seperti aqidah, fiqh, dan Al-Qur’an; sekaligus ilmu-ilmu fardhu
kifayah seperti nahwu, shorof, dan ushul fiqh. Setiap santri akan menempuh 6
jenjang Mubtadi’ dan Mutawassith (setara kelas VII SMP sampai XII SMA). Dalam
sistem ini, santri akan dibimbing untuk mengkaji dan mengkhatamkan 21 kitab
klasik dan modern, yaitu: Adab Guru dan Murid (Ibnu Jama’ah/Alimin Mukhtar), Al-’Aqidah Ath-Thahawiyah (Abu Ja’far Ath Thahawi), Mukhtashar Syu’abil Iman (Al-Baihaqi/Al-Qazwini), Muqaddimah Fi
‘Ulumil Qur’an, Tafsir As-Sa’diy (sebagian), Tafsir Ringkas 5 Surah Pertama yang diturunkan,
Al-Arba’in An Nawawiyah, Riyadhus Shalihin (An-Nawawi), Minhatul Mughits Fi ‘Ilmi Mushthalahil Hadits (Hafizh Hasan Al-Mas’udi), At-Tadzhib Fi Adillati Matn Al-Ghayah Wat Taqrib (Abu Syuja’/Musthafa Dib Bugha),
Al-Waraqat Fi Ushulil Fiqh (Imamul Haramain Al-Juwaini), Durusul Lughah Al-’Arabiyah (Madinah, Dr. V. Abdurrahim), Muqarrar Imla’ Wal Khoth, Matn Al-Ajurumiyyah (Ibnu Ajurum Ash-Shinhaji), Al-Amtsilah At-Tashrifiyah (KH Ma’shum Seblak), Syarh Al-Kaylani, Nurul Yaqin Fi Siratil Sayyidil Mursalin (Khudhary Bek), Qishashul Anbiya’ (Ibnu Katsir), Fiqh Sirah (Ramadhan al-Buthi). Tilawah Qur’an Metode Ummi,dan Terjemah Qur’an Metode Grand MBA. Santri juga dibekali skill baca kitab gundul dan metodologi
pembelajaran (didaktik-metodik, teori & praktik).
KURIKULUM
KEPENGASUHAN
Kepengasuhan santri di
Ar-Rohmah Putri didesain sebagai bimbingan praktis dan aplikatif untuk
mengamalkan Islam dalam keseharian santri. Kultur, fasilitas, tata tertib,
jadwal hidup dan kegiatan santri didesain sebagai satu kesatuan proses
penanaman nilai-nilai dan ajaran Islam ke dalam kepribadian mereka, seperti
menomor-satukan Allah, kepatuhan kepada syariat, ketaatan kepada pemimpin,
budaya thalabul ‘ilmi, hidup
berjamaah dan toleransi, kejujuran dan integritas diri, kedisiplinan,
kebersihan diri dan lingkungan, kemandirian, kepedulian dan empati, manajemen
dan leadership, dan kesederhanaan.
Gerakan Pandu Hidayatullah (GPH) termasuk di dalamnya.
Anda Ingin Survey Ke
Tempat Kami?
Silahkan, Sesuaikan Dengan Jadwal Berikut
Ar-Rohmah memiliki 3 kampus unggulan yang terletak di 3 tempat yang
berbeda, relatif dekat dengan kampus-kampus favorit di kota Malang.
·
Ahad: 08.00 - 17.00
·
Senin- Jumat: 09.00 - 17.00
·
3. Thursina International Isamic Boarding
School Malang
Pesatnya perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah peradaban dunia, lingkungan
sosial bahkan keluarga dan anak-anak kita. Perubahan dan tantangan tidak bisa
kita hindari karena sudah menjadi sunnatullah yang harus kita hadapi.
Sebagai orang tua dan
muslim, sudah menjadi tanggung jawab kita untuk mendidik dan mempersiapkan
anak-anak kita menjadi muslim yang taat pada ajaran Islam dan sekaligus siap
menghadapi perubahan dan tantangan tersebut. Seperti yang Tuhan katakan:
لْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْتَرَكُوْا
لْفِهِمْ افًا افُوا لَيْهِمْ لْيَتَّقُوا اللهَ لْيَقُولُوْا لاً ا
“Dan hendaklah
orang-orang itu takut seolah-olah mereka telah meninggalkan anak-anak yang
lemah dan takut kepada mereka (bahwa mereka akan ditimpa kezaliman). Maka
hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan mengucapkan kata-kata keadilan
(kebenaran).” (QS: An-Nisa:9).
Salah satu upaya strategis dalam membangun generasi tangguh adalah dengan
memberikan pendidikan terbaik. Pendidikan diharapkan dapat memberikan pewarna
yang baik (shibghah) dengan menyelenggarakan program pendidikan yang dapat
membentuk kematangan spiritual dan emosional, ketajaman berpikir dan
keterampilan serta integritas yang terpuji. Namun, tidak semua lembaga pendidikan
mampu menyediakan bekal yang cukup sehingga generasi yang ada masih cenderung
lemah, kurang percaya diri, dan belum mampu bersaing baik di tingkat nasional
maupun global.
Dalam upaya menjawab keresahan tersebut, Thursina International Islamic Boarding
School (IIBS) hadir dengan harapan menjadi sebuah capaian pendidikan yang mampu
memberikan bekal bagi anak-anak kita dan generasi umat Islam pada umumnya untuk
mampu berdiri teguh dan percaya diri dalam menghadapi perubahan dan tantangan
zaman dengan menyelenggarakan program-program yang lebih holistik, seimbang,
sesuai dengan tuntutan perubahan zaman (relevant) dan dikelola dengan penuh
kepercayaan dan efektifitas (well-managed). Gambaran filosofi proses pendidikan
di Thursina dapat dilihat pada diagram berikut.
Pendidikan holistik merupakan paradigma pendidikan multidimensi yang
melandasi proses pendidikan di Thursina. Sesuai dengan fitrahnya, Allah SWT
telah membekali anak-anak kita dengan fitrah yang benar yaitu amanah,
kecerdasan intelektual dan terampil yang tinggi, emosi positif, integritas yang
tinggi, perasaan fisik yang halus dan kuat. Semua potensi tersebut akan
berkembang sesuai dengan pendidikan yang kita berikan.
Pendidikan yang ideal harus mampu memfasilitasi pengembangan potensi dasar
tersebut secara maksimal dan menyeluruh. Namun praktik pendidikan yang ada
cenderung parsial dan terjadi dikotomi (pemisahan) antar bidang ilmu yang dapat
menghambat perkembangan fitrah dasar anak kita. Di negara-negara barat,
pendidikan cenderung sekuler. Pendidikan semacam ini mampu mencetak generasi
yang cerdas dan berkreativitas tinggi, namun lemah secara vertikal (spiritual)
sehingga cenderung materialistis dan individualis. Di satu sisi, pendidikan di
negara mayoritas Muslim masih cenderung dogmatis dan konservatif sehingga
menghasilkan generasi yang kurang kompeten, kurang kreatif dan kurang percaya
diri sehingga belum mampu bersaing di hampir semua bidang kehidupan.
Pendidikan di Thursina berupaya memperbaiki kedua paradigma tersebut dengan
menjadikan konsep ajaran Islam (al-Qur'an dan al-Hadits) sebagai landasan dan
pusat dari semua proses pendidikan yang ada. Dalam proses pendidikan, peserta
didik akan mengikuti proses pembelajaran (ta'lim) secara menyeluruh dan
seimbang, proses pembiasaan dan pembentukan karakter/adab (ta'dib) dan proses
pemurnian niat dan diri (tazkiyah) melalui program ibadah harian santri.
Proses dan tujuan pendidikan di Thursina juga dilakukan dan
diarahkan secara seimbang. Keseimbangan atau At-tawazun adalah salah satu
prinsip mulia ajaran Islam. Dalam konteks pendidikan, asas keseimbangan dapat
diartikan memberikan muatan kurikulum yang komprehensif dan menjadikan proses
pendidikan proporsional dengan fitrah manusia dengan tujuan mencapai
kebahagiaan di dunia dan akherat. Sebagaimana Firman Allah SWT:
ابْتَغِ ا اكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَا الدُّنْيَا ا اللَّهُ
لَيْكَ لَا الْفَسَادَ الْأَرْضِ اللَّهَ لَا الْمُفْسِدِينَ
“Dan carilah tempat tinggal di akhirat dengan apa yang telah
diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melupakan bagianmu di dunia ini
(juga). Berikanlah (memberi tanpa mengharapkan balasan) sebagaimana yang telah
Allah berikan kepadamu dan janganlah kamu mencari (menyebabkan) kerusakan.”
(QS. Al Qashash: 77).
Meski menerapkan kurikulum yang beragam, proses pendidikan di
Thursina dilakukan secara proporsional dan menjaga stabilitas psikologis dan
kesehatan fisik santri. Dalam praktiknya, para santri diberikan waktu khusus
untuk beribadah, belajar, bersosialisasi dengan teman sebaya, berkomunikasi
intensif dengan keluarga, rekreasi atau bahkan tidur siang (qolulah).
Pendidikan yang kompetitif akan mengantarkan anak-anak kita menjadi pribadi
yang unggul secara utuh dan dapat meraih kesuksesan dan kebahagiaan di dunia
dan akhirat.
Selain proses dan tujuan yang seimbang, Thursina juga
mengeluarkan isi dan metode agar tetap sesuai dengan tanggal dan waktu.
Kurikulum yang kurang relevan akan membebani santri tidak hanya dalam
menghadapi ujian dan ujian di sekolah akan sangat signifikan dalam menghadapi
berbagai macam masalah secara terus menerus. Oleh karena itu, kajian isi
kurikulum menjadi sangat strategis dan terus menerus perlu dilakukan baik isi
materi kurikulum al-Quran, diniyah, nasional, pengembangan diri santri dan
kurikulum internasional.
Selain kurikulum yang relevan, metode di Thursina juga
dituntut untuk selalu up to date. Metode yang relevan dengan kondisi
lingkungan, perkembangan fisik dan psikis, gaya belajar (learning style) dan
lain sebagainya akan memudahkan anak untuk belajar. Oleh karena itu, seluruh
guru dan murabbi di Thursina dituntut untuk mampu memberikan pembelajaran yang
menarik, efektif dan efektif dengan strategi dan salaf modern seperti yang
telah dicontohkan Rasulullah. Selain itu, guru dan murabbi juga dituntut untuk
meningkatkan keterampilannya dengan berbagai program.
Sehubungan dengan hal tersebut, para sahabat Nabi, Ali bin
Abi Thalib telah mengajak kita untuk mendidik anak-anak kita sesuai dengan
kondisi zamannya. Dengan kata lain, dalam mendidik anak, kita dapat menambahkan
konten dan metode yang relevan sesuai dengan kondisi saat ini dan tantangan di
masa depan.
- Beberapa alasan yang menjadi
pertimbangan calon wali santri memilih Thursina International Islamic
Boarding School SHS sebagai tempat pembentukan pribadi yang unggul:
- Pendekatan Pendidikan Holistik
& Seimbang
- Sistem pendidikan yang
komprehensif dan seimbang (Tahfidz, Diniyah, Academic, IGCSE Cambridge,
Self Development, Sport and Entrepreneurship)
- Staf Pengajar Lokal dan
Ekspatriat
- Guru berasal dari dalam dan
luar negeri
- Ruang Kelas Kecil & Pribadi
- Kelas Kecil Maksimal 20-25
siswa per kelas
- Pendaftaran Universitas
Reputasi Terjamin *)
- Jaminan diterima di universitas
terkemuka di dalam dan luar negeri (*sesuai peta kompetensi mahasiswa)
- Program Tahfidz Intensif
- Program tahfidz 10 juz (30 juz
untuk program takhassus)
- Ruang Kelas Kecil & Pribadi
- Kelas Kecil Maksimal 20-25
siswa per kelas
- Pengalaman Belajar yang
Menghargai: Kunjungan ke Luar Negeri, Multikultural, dan Suasana
Internasional
- Pengalaman belajar yang
bermakna
- Camapus Modern dan Fasilitas
Pembelajaran Tercanggih
- Fasilitas belajar dan kampus
modern
- Lingkungan Arab dan Inggris
yang Kuat
- Lingkungan berbahasa Arab dan
Inggris yang kuat
- Komunikasi dan Layanan yang
Responsif, Ramah
- Sistem pelayanan
dan komunikasi yang cepat dan ramah
4.
Al Mahiira International Islamic Boarding
School Malang
Visi
Misi
Mempersiapkan peserta didik menjadi penghafal Al Qur’an
Meningkatkan kompetensi guru untuk menghasilkan prestasi
siswa yang unggul berbasis nasional dan international
Meningkatkan budaya ramah lingkungan disemua stakeholder
Mempersiapkan peserta didik mempunyai life skill sesuai
dengan minat dan bakat
Alamat Al Maahira International Islamic Boarding School
Perumahan Royal Tirtasani
Kepuharjo Wetan, Karangploso, Malang, Indonesia 65152
Office 081381301310
Email : almaahiraiibs@gmail.com
Al-maahiraiibs.sch.id
SMA Boarding School di Malang
Referensi
https://al-maahiraiibs.sch.id/
https://sekolahsabillah.sch.id/